PENINGKATAN MUTU KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PENGGUNAAN OBAT SECARA RASIONAL

Kamis, 19 Mei 2011

Saat ini sangat banyak dan beragam penyakit yang berkembang di  masyarakat, sebenarnya kemajuan dalam dunia kesehatan bukanlah menjadi faktor utamanya. Namun ada hal sederhana yang paling berperan dalam menciptakan kondisi seperti itu yaitu ketidaktahuan masyarakat mengenai obat dan penggunaannya yang tepat.

Fenomena yang terjadi. Setiap gejala sakit yang dirasa sudah mereda, banyak yang berhenti minum obat yangdiresepkan dokter. Padahal obat tersebut harus mereka habiskan karena merupakan antibiotik.  Dan saat sakit datang kembali dengan kadar yang lebih parah, mereka meminumnya dengan dosis berlipat. Kondisi tersebut mengakibatkan kuman penyakit menjadi kebal dengan antibiotiki tertentu.

Guna mencegah penggunaan obat yang tidak tepat, maka dirasa perlu memberikan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat secara rasional, melalui kegiatan Talkshow Bincang Sehat Bersama (BSB) RSUD dr Soegiri Lamongan pada Kamis, 19 Mei 2011 di Citra Televisi.

Pada Talkshow yang menghadirkan Cita Suci Rhomadoni, S. Farm. Apt dan Andrrea Thea Rhosita, S.Farm. Apt. tema ini dibahas dengan tuntas, agar persepsi yang salah selama ini tentang penggunaan obat bisa segera berubah kearah lebih baik.

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua penyakit harus diobati dengan meminum obat antibiotik. Karena itu jangan sembarangan mengkonsumsi antibiotik dan perlu di konsultasikan dulu pada dokter.

Respon dari audiens yang begitu tinggi, menginspirasi tim untuk menghadirkan tema lain seputar obat pada kesempatan-kesempatan berikutnya. Karena untuk menciptakan masyarakat yang sehat tidak cukup hanya dengan pencegahan dan mengobati saja. Namun proses pengeobatan perlu mendapatkan perhatian lebih, bahkan diperlukan adanya pengawas minum obat untuk proses-proses pengobatan pengakit tertntu.

Untuk itu saksikan terus siaran langsung Talkshow Bincang Sehat Bersama RSUD dr. Soegiri Lamongan, setiap hari Kamis jam 20.00-21.00 WIB. Di Citra Televisi. Tentu saja dengan tema-tema menarik seputar kesehatan. (sis)

Pos ini dipublikasikan di coba. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s