BSB RSUD Dr.Soegiri “TB Paru pada anak”

21 April 2011


Gejala TB pada anak sangat bervariasi dan tidak saja melibatkan organ pernafasan melainkan banyak organ tubuh lain seperti kulit (skrofuloderma), tulang, otak, mata, usus, dan organ lain. Jangan sampai salah diagnosis atau overdiagnosis!

Siapa yang tidak kenal dengan tuberkulosis (TB)? Penyakit ini kian populer setelah dalam beberapa waktu belakangan ini muncul di layar kaca dengan slogan baru yang disandangnya, “TB: Bukan Batuk Biasa”. Orang awam mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan penyakit flek paru.

Kali ini ini BSB RSUD Dr.Soegiri menghadirkan Narasumber Dr. Aty Firsianti,Sp.A. Dijelaskan bahwa TB bukanlah penyakit yang hanya dapat diderita orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalaminya. Bahkan menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  terdapat lebih dari 250.000 anak menderita TB dan 100.000 di antaranya meninggal dunia.

Di sinilah masalah mulai muncul. Insiden yang terus merangkak tidak disertai dengan kemudahan menegakkan diagnosis sedini mungkin.

Dr. Aty Firsianti,Sp.A dalam perbincangan kemarin juga menerangkan Gejala TB pada anak yang umum, yaitu  demam yang tidak tinggi (subfebris), berkisar 38 derajad Celcius, biasanya timbul sore hari, 2-3 kali seminggu. Gejala lain adalah penurunan nafsu makan, dan gangguan tumbuh kembang.

Batuk kronik yang merupakan gejala tersering pada TB paru dewasa, tidak terlalu terlihat pada anak. Karena lesi primer TB paru pada anak umumnya terdapat di daerah parenkim yang tidak mempunyai reseptor batuk. Kalaupun terjadi, berarti limfadenitis regional sudah menekan bronkus dimana terdapat reseptor batuk. Namun perlu diketahui bahwa Batuk kronik pada anak lebih sering dikarenakan oleh asma.

Dalam program Bincang Sehat Bersama RSUD Dr. Soegiri di Citra TV kemarin juga menerima dialog interaktif melalui via telephone dan SMS dari masyarakat khususnya wilayah Lamongan dan sekitarnya.

Pos ini dipublikasikan di coba. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s