BSB RSUD Dr.Soegiri “Diabetes Melitus dan Pencegahannya”

12 Mei 2011

DM atau Diabetes Melitus merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan kenaikan kadar gula dalam darah dan air kencing, disertai dengan atau tanpa gejala mendadak (acute) / menahun (chronic). DM diakibatkan arena kurang atau tidak adanya insulin efektif dalam tubuh. 

Untuk Di wilayah Lamongan, kasus penyakit cukup tinggi, untuk itu pada acara Talkshow Bincang Sehat Bersama ( BSB) RSUD Dr. Soegiri pada tanggal 12 Mei 2011 kemarin di Citra TV Lamongan, RSUD Dr. Soegiri sengaja menghadirkan Dr.Eko Budi Santoso,Sp.PD sebagai narasumber, dengan  topic “Diabetes Melitus serta Pencegahannya”.

Pada talkshow kali ini dijelaskan bahwa tanda-tanda penderita DM antara lain : Sering minum karena haus, Sering merasa lapar Dan sering kencing pada malam hari. gejala lain yang perlu diperhatikan menurut Dr. Eko adalah Berat badan mula-mula naik, lalu turun; Kesadaran menurun bila kadar sangat tinggi atau sangat rendah, bahkan sampai koma diabetikum; serta adanya Gejala Menahun yaitu : Lemah badan, kesemutan, mata kabur (katarak/reti-nopati) luka tak kunjung sembuh (celu-litis/gangren), impotensi, stroke, penya-kit jantung koroner, gagal ginjal (nefropati )

Faktor resiko akan muncul pada anak yang  Kedua orang tuanya menderita DM. Sering muncul gangguan toleransi glukosa dan terlahir bayi dengan bobot dibawah 4 kilogram ( > 4 Kg).

Dr. Eko menyarankan Penderita DM  untuk melakukan  Gerak badan  minimal 1/2 – 1 jam setelah makan, Latihan rutin 2 – 3 kali/ minggu dan Sesuaikan dg kemampuan fisik. Perlu juga diperhatikan  perawatan anggota tubuh :

  • Cegah supaya tdk terluka

  • Bila terluka harus dirawat dg baik

  • Luka yg besar & lama tidak sembuh, perlu perawatan di RS

Talkshow ini  mendapat respon positif  dari masyarakat luas, terbukti banyak SMS dan Penelpon masuk sepanjang acara berlangsung.  Melalui acara ini diharapkan akan menambahpengetahuan  masyarakat lamongantentang penyakit ini, sehingga bisa meminimalkan gejala penyakait yang sangat menakutkan ini. mengingat penyakit ini bisa di atasi atau di cegah dengan pengaturan pola makan yang sehat

Pos ini dipublikasikan di coba. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s