sosialisasi Sistem dan Prosedur Penatausahaan Keuangan

Selasa,  1 Maret 2011

RSUD dr. Soegiri Lamongan menggelar sosialisasi Sistem dan Prosedur  Penatausahaan Keuangan, di Aula RSUD dr. Soegiri Lamongan. Hadir untuk membuka Sosialisasi ini Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, Nuroso, SE.MM yang juga selaku Ketua Dewan Pengawas RSUD.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur RSUD dr Soegiri Lamongan, drg. Fida Nuraida, M.Kes. Sosialisasi yang di ikuti oleh seluruh Dewan Pengawas RSUD, Direktur Dan Wakil Direktur, Seluruh Pejabat Struktural, Seluruh Kepala Instalasi / Smf / Ruangan / penanggung jawab Poli dan Seluruh Staf Bagian Keuangan RSUD ini, bertujuanTerimplementasinya sisdur penatausahaan keuangan di lingkungan rsud dr. Soegiri secara baikn dan Terwujudnya pengelolaan keuangan yang optimal di rsud dr. Soegiri sebagai sebuah PPK BLUD

Mengingat Pentingnya acara ini, pihak panitia bahkan mendatangkan narasumber langsung dari Kementerian Dalam Negeri, Ir. Bedjo Mulyono, MML. Selaku Kasubid BLUD. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa sebenarnya sebagai lembaga yang telah menerapkan PPK BLUD, RSUD dr. Soegiri Lamongan memiliki Fleksibilitas yang sangat tinggi namun tetap harus mengikuti aturan yakni peraturan dari bupati setempat.

Bahkan dalam pelaksanaannya landasan yang digunakan untuk BLUD adalah Permendagri no 61 tahun…… bukan permenkes no. 54 tahun……. “Permenkes no. 54 tahun…. Itu diperuntukkan bagi BLU, sedangkan BLUD landasan hukum yang digunakan adalah Permendagri no 61 tahun…. Dan Peraturan Bupati”

Menurut Ir. Bedjo Mulyono, MML, permasalahan seperti ini merata di alami oleh rumah sakit-rumah sakit di Indonesia yang menerapkan PPK-BLUD, yang lebih parah lagi, meski telah mengadakan study banding dan tempat tujuan ternyata juga melakukan kesalahan.

Ir. Bedjo Mulyono, MML menyarankan agar RSUD-RSUD yang terlanjur salah, diharapkan untuk segera melakukan revisi secara bertahap. Mengingat inti dari pelaksanaan PPK –BLUD adalah peningkatan pelayanan, bahkan dalam operasionalnya di mungkinkan dananya 80%n berasal dari APBD. Bukan sebaliknya langsung di hentikan secara total.

Pada Sosialisasi ini, juga dihadairkan pemateri dari Tim Konsultan, Deddi Nordiawan & Maulidah R. yang selama ini setia mendampingi RSUD dr. Soegiri Lamongan dalam menerapkan PPK-BLUD sejak keluarnya  Surat Keputusan Bupati Lamongan No. 188/224/Kep/413.013/2009 Tentang Rsud Dr. Soegiri Lamongan Sebagai SKPD Yang Menerapkan PPK-BLUD.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pos ini dipublikasikan di coba. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s